RTIK Magetan Jawa Timur

Magetan, Kominfo Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya Kementerian Komunikasi dan Informatika Djoko Agung Harijadi mengukuhkan Relawan TIK  di GOR Mageti Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin (30/05/2016).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bersinergi dengan Kementerian Kominfo dalam membangun masyarakat Informasi Indonesia,” kata Djoko Agung Harijadi saat menyampaikan sambutan.

Pengukuhan Anggota Relawan TIK di Kabupaten Magetan dimaksudkan menjadi Agen Perubahan Informatika Penggerak Revolusi Mental di bidang informatika yang mampu menggunakan dan memanfaatkan TIK dan Internet secara cerdas, kreatif, dan produktif. “Selain itu juga mampu mempromosikan, menularkan dan memberikan edukasi di bidang TIK kepada masyarakat luas.” Papar Djoko Agung.

SAM Bidang Sosekbud juga menitipkan agar Relawan TIK Kabupaten Magetan bekerja secara professional. Sesuai AD/ART RTIK, Relawan TIK Kab. Magetan yang diketuai Jatmiko Fitri Hamzah akan melakukan pendampingan desa secara berjenjang. Mulai dari RTIK Provinsi Jawa Timur yang berkewajiban menginisialisasi pembentukan RTIK dan Agen Perubahan Informatika (API) di kabupaten dan kota.
“Juga mengedukasi sampai ke Perangkat Desa. Dengan materi seperti web Desa, Sistem Informasi Desa (SID), jurnalisme warga, dan aplikasi yang bermanfaat lainnya,” jelas Djoko Agung.

Djoko Agung juga menyampaikan salam hormat permohonan maaf karena Menteri Kominfo, Dirjen Aptika serta Direktur Pemberdayaan Informatika tidak bisa hadir. Secara khusus kepada relawan TIK, Djoko Agung  menyampaikan selamat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.  “Dalam mendampingi masyarakat untuk pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi sesuai tanggung Jawab yang dibebankan pada saudara,” tuturnya.

rtik

Launching Website Desa

Dalam acara itu juga dilaksanakan peluncuran website desa oleh Wakil Bupati Magetan Samsi. Terdapat lima desa yang telah mendapatkan domain desa.id, antara lain Desa Kuwon Harjo, Turi, Baron, Temboro dan Ngelang. Selain itu di Kabupaten Magetan juga ditetapkan dua desa sebagai Pilot Project desa.id Provinsi Jawa Timur yaitu Desa Kuwon Harjo dan Turi.

Wakil Bupati Magetan Samsi menyatakan TIK dewasa ini memegang peranan sangat penting dalam usaha peningkatan promosi guna memperkenalkan produk dan potensi daerah. “TIK yang berbasis internet merupakan media yang sangat  efektif karena dapat diakses secara mudah oleh  setiap orang di manapun berada,” jelasnya saat membacakan sambutan Bupati Magetan.

Menurut Samsi dari tahun ke tahun pengguna internet terus meningkat dan berkembang dengan cepat dan sudah menjadi suatu keharusan bagi seluruh masyarakat baik di kota maupun desa.
“Dengan diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maka seluruh masyarakat Indonesia harus siap bersaing, karenanya teknologi informasi dan komunikasi mempunyai peranan yang sangat vital,” tuturnya.

Hadir dalam acara tersebut selain Relawan TIK antara lain Ketua DPRD Kab. Magetan, Kadishub Kominfo Magetan, Anggota DPRD Subroto, Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, Kab. Trenggalek, Kab. Madiun, dan Kab. Ponorogo. Tak kurang dari seribu orang siswa SLTA dan  SMK serta perangkat desa atau pegawai kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Magetan.

Pemerintah Kabupaten Magetan telah melaksanakan pelatihan website di setiap kecamatan dengan peserta seluruh perangkat desa dan kelurahan. Pelatihan itu melibatkan RTIK sebagai Mitra Dishub Kominfo dalam pemanfaatan dan pemberdayaan TIK.

Hingga kini, tercatat 31 provinsi, 95 Relawan TIK kabupatan dan kota telah terbentuk. Kabupaten Magetan sendiri merupakan kabupaten ke-12 yang telah dikukuhkan untuk tingkat Provinsi Jawa Timur. (IM).

 

 

Sumber : Kementerian Komunikasi dan Informatika RI